Minggu, 25 Desember 2011

Perkembangan Komunikasi


Bisa dikatakan bahwa komunikasi merupakan hal yang terpenting atau vital bagi manusia. Betapa pentingnya komunikasi, terlihat dari semakin inovatifnya perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri. Jelas ini memerlukan ketelitian yang sangat dan waktu yang cukup lama bahkan hingga berbulan-bulan. Munculnya alat-alat elektronik dengan sistem komputerisasinya menyebabkan teknologi dalam berkomunikasi ini berkembang dengan sangat pesatnya. 

Seiring dengan semakin majunya teknologi dalam berkomunikasi membawa implikasi yang tidak sedikit kepada manusia.  Pengertian dan Perkembangan Komunikasi

Kedua, teori poo-poo merupakan era di mana manusia menggunakan bahasa yang sesuai dengan perwakilan emosi yang mereka alami seperti perasaan takut, kesakitan, gembira dan sebagainya. Keempat, teori Yo-heave-ho merupakan bahasa komunikasi yang berkemgang dari sungutan yang terjadi karena pergerakan fisik. 

Perkembangan ini dimulakan dengan masa sejarah dimana manusia untuk pertama kali mengenal dengan apa yang disebut tulisan. Manusia awal menggunakannya dengan simbol-simbol yang sangat sederhana dan berlangsung selama lebih dari berada-abad tahun lamanya. Ini dibukitikan dengan adanya gambar-gambar sederhana yang ditemukan di gua-gua. Bahkan di awal alaf ketiga ini komunikasi terjadi dengan menggunakan alat yang semakin canggih dan baru setiap waktunya.

Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok.Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Saat ini terjadi persaingan yang ketat antara 2 teknologi komunikasi yaitu selular dan FWA (fixed Wireless Access).Adapun perkembangan teknologi komunikasi terutama teknologi selular sudah di mulai sejak pertengahan tahun 90 an dengan mengusung teknologi 1G (Generasi Pertama) dengan menggunakan teknologi AMPS (Advance Mobile Phone System). 

Dalam kurun waktu 10 tahun sejak lahirnya AMPS suda terjadi perkembangan yang sangat pesat dengan berbagai penemuan atau inovasi teknologi komunikasi dan , akhir tahun 90 an muncullah teknologi 2G (Generasi Kedua). Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz.  Generasi selular kedua yang mempebaharui generasi pertama dalam bidangteknologinya yaitu digital, yang pada teori dasarnya merupakan pembaharukan dalam bidang transfer data, contohnya adalah GSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan cdmaOne.

Dengan adanya teknologi Generasi Kedua ini membuat perkembangan teknologi semakin cepat dengan menghadirkan berbagi kelebihan/fitur yang ditawarkan teknologi generasi kedua ini selain mengirim SMS dan voice. Maka awal tahun 2000 an muncullah teknologi generasi 2.5 (2.5 G) yang mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Generasi 2.5G ini ada juga yang menamakannya dengan generasi 2.75G, karena lebih dekat dengan teknologi 3G. 

Evolusi dan perkembangan teknologi komunikasi ini tidak berhenti sampai disini, Negara-negara besar di Dunia baik itu Eropa, Asia & Amerika secara berlomba-lomba mengembangkan inovasi dan penelitian untuk menghadirkan teknologi yang mutakhir. Umumnya komunikasi dilakukan dengan cara lisan atau verbal yang dapat dimengerti dengan mudah oleh kedua belah pihak. Selain itu, komunikasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa nonverbal seperti tersenyum, mengangkat bahum, menggelengkan kepala dan yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, teknologi komunikasi juga mengalami perubahan dan perkembangan yang cukup signifikan dalam mempengaruhi proses penyampaian informasi. Teknologi komunikasi telah melahirkan implikasi-implikasi baru dalam kehidupan manusia dalam hal penyampaian informasi. 

Implikasi yang ditimbulkan oleh perkembanganteknologi komunikasi tersebut tentu saja membawa pengaruh dalam kehidupan manusia, baik itu pengaruh yang positif maupun negatif. Melalui media komunikasi yang ada saat ini seperti televisi dan internet, informasi akan dengan cepat mudah menyebar kepada masyarakat, cepat menanggapi informasi tersebut dan membuka peluang yang sangat luas untuk berinteraksi dengan orang lain serta mengekspresikan diri. 

Tetapi kita juga tidak dapat menghindari pengaruh negatif dari perkembangan teknologi komunikasi tersebut. Perkembangan teknologi komunikasi dan implikasinya bagi kehidupan yang ada sekarang memang tidak dapat dihindari lagi, tetapi ada baiknya kita tetap dapat melakukan kontrol ataupengawasan, sehingga kita dapat memanfaatkan pengaruh-pengaruh yang positif dan meminimalisir pengaruh negatifnya, sehingga dapat lebih bermanfaat bagi kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar