Minggu, 27 November 2011

artikel komunikasi


Artikel Komunikasi Bisnis
Dari penjelasan diatas nanpak jelas bahwa  komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang mempunyai tujuan khusus yang tujuan dalam bentuk bissnis untuk itu dalam membangun sebuah komunikasi bisnis yang bagus diperlukan suatu image bulding (membangun citra) citra adalah kesan, perasaan, gambaran dari publik terhadap suatu perusahaan, kesan dengan sengaja menciptakan dari suatu objek organisasi atau orang. Citra itu dengan sengaja perlu diciptakan agar bernilai positif, citra itu sendiri merupakan nilai aset terpenting dari suatu perusahaan atau organisasi.

1.    Business Communication is goal oriented ( komunikasi bisnis berorientasi tujuan/praktis).
2.    Business Communication takes place in real time (Komunikasi bisnis menenpatkan diri dalam waktu yang pasti).

3.    The Comunicator, not the audience, is responsible for successful communication ( komunikator, bukan khalayak, bertanggunjawab terhadap keberhasilan komunikasi ).

4.    A Business message should present the comunicator an her company in a favorable light ( suatu pesan bisnis akan mencerminkan komunikator dan perusahaannyadalam memberikan suatu keuntungan).

Menurut Sutisna (2001), sering kita mendengar bahwa suatu organisasi mempunyai citra yang buruk dan tidak jelas. Maka berusaha menjawab mengapa citranya  buruk dan tidak jelas. Sering akali jawaban mereka tanpa disertai analisis yang benar dan alasan yang jelas dibalik buruknya citra tentu saja dengan hal menimbulkan tindakan yang salah. Misalnya tindakan kosmetik (kompanye iklan atau melibatkan media massa), hal itu sering menjawab kesalahan yang sebenarnya. 

Tindakan seperti mempunyai tindakan yang terbatas, bahka mungkin merusak citra, contohnya dengan menggunakan peralatan kosmetiknya orang yang hitam bisa menjadi putih dalam waktu satu minggu menggunakan alat kosmetiknya. Hal itu dijelaskan bahwa tak mungkin orang yang hitam bisa menjadi putih dalam waktu dekat.

Dalam komunikasi bisnis pesan dapat disampaikan langsung ataupun melalui media. Pada umumnya, memang lebih banyak kita berkomunikasi dengan  menggunkan media baik media umum maupun media massa.

Media umum adalah media yang dapat digunakan baik untuk komunikasi pesona, kelompok maupun media massa. Contohnya telegram

Telegram adalah pengirim pesan yang menggunakan  kabel dan kode morse dan kemudian dipindahkan secara manual menjadi tulisan yang dapat dibaca oleh komunikan. Dahulu telegram digunakan sebagai jawaban terhadap kelambatan surat menyurat karena sulitnya transportasi. Telegram dapat tiba lebih cepat karena tiadanya hambatan jarak, namun pada waktu itu masih cukup mahal.

Perkembangan terakhir dari teknologi komunikasi adalah merupakan gabungan dari telepon, televisi, dan komputere yang menghasilkan internet. Rasanya suatu perusahaan yang kantornya tidak dilengkapi dengan internet dan pimpinanya tidak menggunakan handphone sudah dapat dikatakan sudah ketinggalan zaman.

Pengertiaan komunikasi Bisinis
Aspek komunikasi
Menjadi komunikator yang baik
Komunikasi massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar