Jumat, 28 Oktober 2011

komunikasi

Tujuan dari komunikasi itu sendiri adalah untuk memahami dan mengenalkan perusahaan didalam produknya. Untuk menciptakan bisnis yang kondusif yaitu dengan menggunakan komunikasi yang efektif, maka dari itu dapat di artikan komunikasi itu sendiri ialah suatu tranmisi yang saling pengertian antara peseta komunikasi (komunikator dan komunikan ) melalui kata-kata dan simbol-simbol yang memiliki arti ( Soeganda Priyatna dan Elvi Ardianto ).
Adapun Elemen dasar komunikasi terdiri dari Komunikator, ecoding, Pesan, media, dekoding, Komunikan, gangguan, efek dan unpan balik. Sebagai ahli komunikasi juga menggambarkan unsur dalam proses komunikasi adalah terdiri dari sumber (source), komunikator, pesan, komunikasi, media dan efek.

Komunikasi amat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Atau dengan kata lain, ilmu komunikasi juga berkaitan erat dengan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yaitu Psikologi. Akan tetapi, komunikasi bukanlah subdisiplin ilmu dari psikologi. Justru komunikasi dipelajari oleh disiplin-disiplin ilmu yang lain, seperti psikologi dan sosiologi.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan “komunikasi” itu? Ada banyak sekali definisi dari “komunikasi“. Definisi-Definisi yang timbul tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai perspektif seperti mekanistis, sosiologistis, atau psikologistis. Komunikasi sebagai aktivitas esensial manusia, memiliki makna yang benar-benar luas. Mulai dari penyampaian energi, gelombang suara, tanda di antara tempat, sistem atau organisme.

Sederhananya, komunikasi merupakan proses penyampaian informasi yang diterima oleh alat-alat indera, ke bagian otak. Informasi itu bisa berasal dari lingkungan, organisme lainnya, atau dari diri sendiri. Ditinjau dari sudut pandang ilmu Biologi, proses penyampaian informasi itu sendiri merupakan suatu proses yang teramat rumit dan kompleks. Hasil dari sinergi otak dengan berbagai alat indera dan organ-organ tubuh, serta melibatkan jutaan sel syaraf di otak dan seluruh bagian tubuh. (Rakhmat : 1985).

 Secara praktis pun kini banyak dunia industri, perdagangan, lembaga, pemerintah, perusahaan swasta membutuhkan ilmu dan profesional dibidang komunikasi agar dapat meningkatkan sosialisasi suatu perusahaan agar lebih cepat terkenal, terutama mengenai produk- produknya.
Terlebih dari era globalisasi sekarang ini dimana batas-batas prusahaan telah melampaui batas-batas teoriterial suatu negara . keberhasilan bisnis yang beroperasi secara global sangat di pengaruhi oleh keterampilan berkomunikasi dari orang-orangnya.

Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan nama-nama perusahaanya, meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat, dan memberikan kemungkinan yang besar bagi konsumen untuk melakukan apa yang disarankan atau diinginkan perusahaan.

Menurut Carl Hoveland ( 1948:371) adalah sebagai berikut: “ The process by which an individual ( the communicator) transmits stimuli (usually verbal symbols) to modify, the behaviour of other individual”. ( Proses dimana seseorang memindahkan perangsang yang biasanya berupa lambang kata-kata untuk mengubah tingkah laku orang lain). (Widjaja : 2000)

untuk lebih maksimal dapat di download disini

[DOC] 

DEFINISI/PENGERTIAN KOMUNIKASI

www.lrckesehatan.net/.../modul%20komunikasi%20dan%20motivasi...

[PDF] 

KOMUNIKASI - Repository UI

repository.ui.ac.id/.../8a1934fca2e54d18c07b9954439a128a5f874ed...

[PDF] 

PENGANTAR KOMUNIKASI [OVERVIEW]

jihadi.staff.umm.ac.id/files/2010/01/1_pengantar_kom.pdf

[PDF] 

SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/.../komunikasi-sakhyan.pd...

[PDF] 

PENGANTAR KOMUNIKASI [OVERVIEW]

jihadi.staff.umm.ac.id/files/2010/01/1_pengantar_kom.pdf

[PDF] 

MACAM-MACAM KOMUNIKASI

www.elearning.gunadarma.ac.id/.../komunikasi.../bab2-macam_maca...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar